10 Agama Tertua di Dunia

Menurut Wiki yang saat ini dianggap situs penyedia infomasia terbaik dan terlengkap bahwa agama didunia ada 4200 agama di dunia, dan kita ambil 10 agama yang tertuanya saja ya.

Brahmanisme atau Weda Brahmanisme
Hasil gambar untuk brahmanisme

Brahmanisme pada tahap-tahap awalnya berasal dari kitab-kitab suci yang masih primitif dan pada awalnya adalah komposisi sastra lisan dan berasal dari masa antara tahun 8000 SM sampai 6000 SM. Pertama-tama adalah apa yang disebut Empat Weda atau Catur Weda (weda artinya adalah pengetahuan).
Agama dalam masa Weda yang sejati, bisa dikatakan cukup sederhana. Hal ini mencakup pemujaan banyak dewa-dewi, besar maupun kecil, yang merupakan personifikasi kekuatan-kekuatan alami. Yang terpenting di antaranya adalah:

  • Baruna (Varuna), langit yang mencakup segalanya, pencipta dan pemilik segala sesuatu yang ada dan pembela hukum moral;
  • Surya, atau Dewa Matahari yang merupakan musuh kegelapan dan pembawa berkah. Dewa ini juga dikenal sebagai Pushan sang pemberi makanan, Mitra, sang sahabat yang baik dan pembalas dendam kebohongan, Savitri sang penerang dan Wisnu, yang dikatakan membagi bumi menjadi tiga bagian dan memberikan ladang-ladang yang subur kepada umat manusia;
  • Dewa angkasa, Indra, yang seperti Mars dalam mitologi Yunani, juga dianggap sebagai Dewa Perang yang membebaskan hujan dari ular yang berbentuk awan dan disebut Ahi (atau Wrtra). Indra bersenjatakan bajra (vajra) yang adalah kilat ;
  • Rudra, kelak dikenal sebagai Siwa, yang terberkati, dewa angin topan dan merupakan penghalang mereka yang jahat namun teman orang baik;
  • Agni, Dewa Api, teman dan pemberkah umat manusia yang tinggal di tungku-tungku di setiap rumah, dan membawakandoa dan korban bakar kepada Dewa-Dewi lainnya.
  • Soma, atau juga dikenal sebagai bulan yang merupakan Dewa sebuah tanaman misterius yang memiliki sari buah minuman yang memabukkan dan memberikan hidup kekal.
Pada masa awal ini tidak ada kuil-kuil maupun candi. Sesajian dipersembahkan pada sebuah gundukan tanah, seringkali oleh kepala rumah tangga, namun sesajian penting dan rumit harus dipersembahkan oleh seorang pandita atau brahmana bersama-sama dengan kepala rumah tangga.
Penganut Brahmanisme saat ini biasanya telah dikonversi ke agama Hindu.

Hindu

Agama ini diperkirakan muncul antara 6000-7000 tahun SM. Agama Hindu merupakan agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini merupakan agama ketiga terbesar di dunia dengan jumlah umat sebanyak lebih dari 1 miliar jiwa.





Buddha


Sebuah agama yang diazaskan oleh Siddharta Gautama, mulai dari 2600 tahun SM dan adalah salah satu agama tertua yang masih dianut di dunia, setelah Hindu. Buddha merupakan gelar kepada individu yang menyadari potensi penuh mereka untuk memajukan diri dan yang berkembang kesadarannya. Dalam penggunaan kontemporer, sering digunakan untuk merujuk Siddharta Gautama, guru agama dan pendiri Agama Buddha. Dalam penggunaan lain, merupakan contoh bagi manusia yang telah sadar. Mempunyai kurang lebih 500 juta penganut di dunia.





Yahudi

Lahir sekitar tahun 6000 SM, inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia. Sejarah terbesar mereka adalah ketika Nabi Musa (Moses) menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan bangsa Mesir di Mesir, menurunkan perintah Tuhan kepada mereka dan menjadikan mereka sebagai cahaya bagi manusia sedunia. Nabi Nuh (Noah) dan Nabi Abraham (Ibrahim) adalah sebagai nabi yang pertama memperkenalkan ajaran ini. Mungkin inilah induk dari dua agama besar di dunia (Kristen dan Islam). Penganut agama Yahudi tidak hanya pada bangsa Israel, tapi bangsa Palestina juga banyak yang menganut agama Yahudi ini, dan bangsa Ethiopia, dan menyebar di beberapa bangsa di Afrika, serta di beberapa ethnic suku di India. Saat ini, agama Yahudi kurang lebih mempunyai lebih dari 18 juta pengikut.




Kristen

Inilah agama terbesar saat ini yang penganutnya sebanyak lebih dari 2,2 milyar yang tersebar di seluruh dunia. Diketahui sebenarnya lahir antara 6 SM-4 SM. Agama Kristen adalah sebuah agama monoteistik yang otentik dengan pengajaran"Kasih", tentang mengasihi sesama bahkan musuh sekalipun dikasihi, berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias yang diramalkan dalam Perjanjian Lama dan kitab-kitab Yahudi, juruselamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa, yang akan datang kembali di hari terakhir dunia ini untuk mengangkat umat-umat terkasihnya ke sorga. Agama ini walau kerap mengalami penindasan tapi sangat pesat perkembangannya, terutama di Asia dan Asia Tenggara. Agama Kristen saat ini terbagi dalam dua cabang besar, yaitu: Kristen Katholik dan Kristen Protestan.




Shinto


Shinto adalah sebuah agama yang berasal dari Jepang. Dari masa Restorasi Meiji hingga akhir Perang Dunia II, Shinto adalah agama resmi di Jepang. Shintoisme pada mulanya adalah merupakan perpaduan antara faham serba jiwa (animisme) dengan pemujaan terhadap gejala-gejala alam. Mempunyai 27 – 65 juta penganut seluruh dunia.







Agama Tradisional China

Diketahui pada tahun 583 SM, Agama Tradisional Chinai alah agama turun temurun bangsa Cina, yang sering disamakan dengan Kon Fut Se, dan di Indonesia disebut sebagai Kong Hu Cu. Ia sebenarnya adalah satu budaya tradisional yang dituruni dari satu generasi ke satu generasi secara lisan.
Kong Hu Cu atau Konfusius, kadang-kadang sering hanya disebut Kongcu (551 SM – 479 SM) adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai nabi.Agama ini tidak mempunyai kitab dan tidak pula mempunyai institusi yang memeliharanya. Oleh karena itu ajaran agama ini bisa berbeda-beda dari satu tempat ke tempat yang lain. Tetapi secara umumnya agama ini mendukung konsep "yang baik dibalas baik, yang buruk dibalas buruk". Ajaran agama ini mempunyai penganut 400 juta orang di dunia.



Agnostik

Lahir pada abad 5 SM, namun istilah agnotis sendiri diutarakan pada tahun 1869. Agnostisisme adalah suatu pandangan filsafat bahwa suatu nilai kebenaran dari suatu klaim tertentu yang umumnya berkaitan dengan teologi, metafisika, keberadaan Tuhan, dewa, dan lainnya yang tidak dapat diketahui dengan akal pikiran manusia yang terbatas. Agnostik, orang yang tidak percaya apa yang dikatakan oleh agama, tapi dia percaya adanya Tuhan. Agnostik mempunyai pengikut sebesar 1,1 milyar penganut di dunia.





Zoroaster
The Faravahar is a symbol of Zoroastrianism.

Zoroastrianisme adalah sebuah agama yang didasari oleh ajaran dari sang nabi Zarathustra yang dalam bahasa Yunani disebut Zoroaster. Zoroastrianisme dahulu kala adalah sebuah agama yang berasal dari daerah Persia Kuno atau kini dikenal dengan Iran. Di Iran, Zoroastrianisme dikenal dengan sebutan Mazdayasna yaitu kepercayaan yang menyembah kepada Ahura Mazda atau "Tuhan yang bijaksana". Agama ini hadir sekitar 1000-500 SM.




Islam

Hadir pada abad 6 Masehi, tepatnya pada pada tahun 622 M. Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Allāh. Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Allah. Para pengikutnya meyakini bahwa Muhammad adalah juga seorang nabi, dan mengklaim beberapa nabi-nabi Jahudi juga sebagai nabi mereka. Agama ini mempunyai pengikut 1,2 milyar umat di dunia, yang menjadi agama terbanyak kedua pengikutnya setelah Kristen.




Sikh

Agama Sikh bermula di Sultanpur, berhampiran Amritsar di wilayah Punjab, India. Penggagas agama ini ialah Guru Nanak (1469-1539), namun, Kepercayaan Sikh, atau lebih dikenal dengan nama “Khlasa” atau “yang murni” berasal dari agama Hindu, muncul dalam tahun 1699 M dan dianggap sebagai kepercayaan yang paling kontemporer di dunia ini. Mempunyai lebih dari 23 juta pengikut di dunia.






source:











http://www.kaskus.co.id/thread/53019f03becb17172a8b45db/10-urutan-agama-tertua-dan-terbesar-di-dunia/

309 komentar:

  1. Agama yg paling tua adalah Islam krn ianya lahir dgn lahirnya Adam a.s.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf om Kamaruzaaman,
      sepertinya anda dan umat muslim lainnya harus sudah membuka mata dan hati dari fananatik buta yang anda pertahankan mati-matian. agama Islam harus kita terima dengan lapang hati bah Islam itu adalah agama terbungsu alias yang belakangan hadir, karena hadir sesudah tahun Masehim, tewpatnya tahun 600 Masehi.
      Adam AS itu bukan hadir dalam awal sejarah Islam, tapi dari sejarah agama Jahudi berawal, yang dikembangkan oleh nabi Abraham (Ibrahim) dan nabi Musa kepada bangsa Israel.
      ok om.... saya kira om Kamarumzaman bisa mengerti.
      Salam

      Hapus
    2. Islam mempunyai arti berserah dirilah kepada sang pencipta jadi Adam as jika dia berserah dirilah pada sang pencipta maka dia Islam ini bukan fanatik buta tetapi fakta bahasa. Semua mahluk semua benda jika dia berserah dirilah maka dia Islam. Dalam agama (jalan kehidupan) Islam adalah dasar dari semua jalan kehidupan(agama) semua harus hidup patuh dan berserah diri atas ajaran ajarannya tetapi syaitan menggoda agar manusia mempunyai jalan hidup(agama) yg berserah diri kepada sang pencipta(Islam) yg palsu. Jika disebut Brahman (adalah penguasa tertinggi dalam konsep ketuhanan Hindu. Brahman bersifat kekal, tidak berwujud, tak terbatas, tak berawal dan tak berakhir juga menguasai segala bentuk, ruang, waktu, energi serta jagat raya dan segala isi yang ada di dalamnya.) Allah mempunyai nama yg baik baik

      Hapus
    3. Islam artinya tunduk patuh kepada Tuhan Yang Esa, coba silahkan anda baca sejarah umat agama di Dunia, mereka semuanya tunduk patuh kepada Tuhan Yang Esa, kesalahan mereka adalah membuat tandingan bagi Tuhan Yang Esa,seperti membuat dewa-dewi yang mereka sembah selain Tuhan Yang Esa (anda bisa membaca kitab Wedha Hindu agama tertua itu dan anda akan mengetahui bahwa Tuhan Umat Hindu dalam Wedha itu adalah Tuhan Yang Esa) sebab itu muncul Islam sebagai ajarannya murni hanya menyembah pada Tuhan Yang Esa

      Hapus
    4. Jadi kesalahan besar mengatahkan Islam adalah Agama baru, nyatanya ia adalah agama tertua, yaitu dikenal dengan Agama Monoteisme.. anda bisa membacanya disini: https://sainstory.wordpress.com/2011/08/18/monoteisme-%E2%80%93-agama-awal-manusia/

      Monoteisme adalah agama awal manusia, sekarang carilah agama manakah yang benar-benar mengikuti Monoteisme itu, tidak lain hanyalah terdapat tiga agama, yaitu Yahudi, Kristen & Islam..

      Sementara itu, Islam mengakui kitab suci Umat Yahudi dan Kristen berasal dari Tuhan namun sudah mengalami perubahan disana sini dan Islam mengatahkan bahwa Islam inilah yang menyempurnah dari ajaran Umat Yahudi dan Kristen, serta juga meluruskan ajaran yang salah dari mereka..

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. fanatisme buta,tdk membuka diri & belajar melihat hasil karya illahi akan membuat diri kita spt katak dlm tempurung dililit kebodohan akut & kronis. dan akhirnya suka melempar kesalahan/mengganggap orang lain selalu yg salah.

      Hapus
    7. Fanatik boleh.. tolol jangan..
      Hi org2 muslim yang bodoh dan keras org-org tertentu telah menanam doktrin pada kalian, buka lah mata kalian & jangan dibutakan terus.

      Hapus
    8. Min lebih tepatnya islam itu agama langit dan muncul sebelum adanya nabi adam dan hawa

      Hapus
    9. Hahahaha...
      Goblok.
      Loe sekolah gak.?

      Hapus
    10. yang mengatakan Islam agama tertua....hehehe karena gagal paham

      Hapus
    11. klo lahirnya brng sama adam berarti agama lain juga sama donk krn smuanagama d awali dari adam. coba klo adam gak ada emg ad agama klo emg ada agama emg ada umatnya. maaf ya kenapa sih hampir rata2 umat muslim itu fanatik tp gk semuanya ya. emg apa yg hrua d menangin klo umatnya aja gak bisa contohin sifat beragama itu sndiri. fuck kontol taik buat orang2 yg rasis dan fanatik lu tu gak ada bagus2nya setan biadab (kata-kata jelekny buat yg rasis sama fanatik bkn buat islam ya krna islam iti agama yg baik cuma umatnya aja tolol)

      Hapus
    12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    15. Padahal cuman bahas agama tertua... Nyambungnya ke meracuni akidah... Ini pengetahuan dan sejarah... Bukan provoke...
      Gak nyambung

      Hapus
    16. belajar lagi yang bener bosQ

      Hapus
    17. Fanatik yaaaaa bang ...... Cuman ngebahas yang tua yang mana...... Malah jadi freak gitu..... Ga nyambungg...

      Hapus
    18. Apakah Adam ada mengucapkan 2 kalimat syahadat ?

      Hapus
    19. Fixed..!!
      Mulai sekarang saya percaya..
      Agama yang benar adalah Agama yang "percaya" bahwa Tuhan Sang Pencipta itu adalah Satu, Dia tidak berwujud apalagi beranak..!

      Simple..
      Ajaran Nabi Abraham dan Moses adalah Tuhan yang Maha Esa, Ajaran Nabi Isa/Yesus adalah Tuhan yang Maha Esa, Ajaran Nabi Muhammad adalah Tuhan yang Maha Esa, Ajaran Hindu dalam Kitab Wedha nya adalah Tuhan yang Maha Esa.

      Hanya Ajaran Bpk. Paulus dan Bpk. Sidharta Gautama yang tidak meng "Esa" kan Tuhannya..

      Ironisnya Bpk. Paulus kini sudah banyak followersnya..

      Jangan suruh saya baca, kalo bacaan itu cuma karangan manusia..
      Jangan bilang saya buta, jika anda saja sudah dibutakan mata hatinya..
      Jangan bilang saya gila, bahkan anda saja menuhankan manusia..

      Mulai sekarang, yang Tuhannya salah Tobat..!!
      Coba cari tahu tentang; Yahudi, Islam, Agama asli Yesus & Hindu..

      Oke..??

      Hapus
  2. Sejarah itu fakta yang telah dikaji berdasarkan bukti yang ada bukan berdasar atas ajaran salah satu ajaran agama.

    BalasHapus
  3. hehe...muslim memang ga mw kalah,,harus jadi tertua,terhebat,,,,ini fakta oleh ilmuan yng skolah,bkan kya ente yng scol d kolong jembtan...he he maaf ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bacot lu mampus lu kalo nanti di akhir zaman nikmatin aja Neraka jahannam menghina islam

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Buat apa si lu terlalu mendewakan sekolah?

      Hapus
  4. hehe...muslim memang ga mw kalah,,harus jadi tertua,terhebat,,,,ini fakta oleh ilmuan yng skolah,bkan kya ente yng scol d kolong jembtan...he he maaf ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang benar muslim mana pernah nw ngKu kalah

      Hapus
  5. Sudah baca di kaskus...urutan usia tertua smpai termuda sdh tak diragukan lagi karena mmg sudah dibuktikan oleh bnyk ilmuan...tp klasifikasi agama langit(samawi) dan agama bumi patut di pertanyakan lagi kbnrnnya...entah dr mana sumber claim sepihak macam ini. Seolah2 agama langit dicetak di langit saja...sementara agama bumi dianggap lbh rendah karena buatan manusia..yakin tuh?

    BalasHapus
  6. kelemahan islam adalah menghalaikan pembunuhan dlm perang, dan korban binatang. bukan ke makluk di dunia ciptaan tuhan, so semua pon sayang nyawa sendiri. renungkan le sapa yg paling banyak krisis atau pergaduhan walupon sesama sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. coba bro pelajari lebih dalam dulu bro, klo ente pelajari asal nyeplos ya kaya gini.

      Hapus
    3. yang lemah itu bukan agama, tapi umatnya sendiri. punya agama ko perilakunya kaya orang ga beriman haha.

      Hapus
  7. Yang bilang islam agama tertua,mungkin dia sekolahnya dipondok.
    Jadi taunya islam yg tertua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaudah gini aja, tuhan yang maha esa itu kan yang menciptakan seluruh alam semesta, nah tapi kenapa kebanyakan agama membuat tuhannya sediri alias buat patung, nah patung bisa apa gerak juga susah vroh, dan gak logis sequa

      Hapus
    2. @nurul.. disitulah kemunculan aliran bernama kristen protestan yg memprotes 99 dalil kristen katholik.. diantaranya berdoa menghadap ke patung, menjual surat pengampunan disa dll.. tidak usah saling merendahkan bukankah juga muslim sembahyang harus menghadap ke batu??

      Hapus
    3. Kabah/batu hanyalah simbol, tapi hati tertuju pada illahi sang pencipta, gak akan ada habisnya jika bedebat tntang kyakinan masing2. Kita saling menghargai, gak ada kebenaran hakiki, kbenaran hakiki milik sang pencipta

      Hapus
    4. Patung yang di gunakan di kristen dan hindu juga simbol, sebagai perantara atau wadah kepercayaan.

      Yang islam ga tau diri menjudge umat lain menyembah patung haha padahal islam sendiri menyembah kabah,batu meteor, nisan nabi dan air zam zam.. bukankah itu di islam di sebut berhala dan tidak boleh mempercayai benda dan segala ciptaan nya selain allah hahaha..

      Hapus
    5. Makanya temen-temen namanya juga manusia itu tidak sempurna dan agama itupun buatan manusia . Ga usah mengagungkan agama sendiri dengan pemikiran fanatik yang ga bisa menerima kebenaran tentang agama lain. Agama itu tidak menyelamatkan tapi IMAN . Percuma koar-koar agama kalian yang paling bener tapi imannya sendiri cuma sebatas KTP . Makanya perbanyak koreksi diri dan perluas wawasan . Jangan kebanyakan protes . Right ? :D

      Hapus
    6. Saudara anonim, apakah anda bisa membedakan antara bait/mezbah rumah Allah dengan patung tiruan manusia? Ka'bah adalah bait rumah Allah tempat arah sembahyang. Sedangkan berhala itu patung tiruan makhluk hidup baik itu bentuk manusia, hewan merpati, malaikat dll. Para nabi jauh sebelum lahir Rasulullah, sudah sujud mukanya ke tanah menghadap bait/mezbah Allah. Benarkan saudara? Bahkan Nabi Isa sujud mukanya ke tanah bukan bernyanyi paduan suara. Jadi tolong bedakan rumah ibadah dan berhala patung, okay.

      Hapus
    7. Saudara anonim, apakah anda bisa membedakan antara bait/mezbah rumah Allah dengan patung tiruan manusia? Ka'bah adalah bait rumah Allah tempat arah sembahyang. Sedangkan berhala itu patung tiruan makhluk hidup baik itu bentuk manusia, hewan merpati, malaikat dll. Para nabi jauh sebelum lahir Rasulullah, sudah sujud mukanya ke tanah menghadap bait/mezbah Allah. Benarkan saudara? Bahkan Nabi Isa sujud mukanya ke tanah bukan bernyanyi paduan suara. Jadi tolong bedakan rumah ibadah dan berhala patung, okay.

      Hapus
    8. hy ilham..apkah wajar rumah Allah dilempari dengan batu??

      Hapus
    9. hy ilham..apkah wajar rumah Allah dilempari dengan batu??

      Hapus
    10. siapa yg lempar batu ke kakbah bro?

      kakbah bukan berhala,kita menghadap kakbah karena Allah yang suruh,kita baca al quran kita paham kita patuh ,kalo disuruh ngadep ke laut ya kit ke laut,kalo ngadep rumah engkong lu ya ngadep rumah engkong lu,intinya PATUH.

      Hapus
    11. Mari kita jangan debat agama satu dan lainnya gak ada habisnya. Salam damai.

      Hapus
    12. Mari kita jangan debat agama satu dan lainnya gak ada habisnya. Salam damai.

      Hapus
    13. what the hell "siapa yg bilang muslim solat harus hadap batu" ? wah lu parah bray... astagfirullah...

      Hapus
    14. Islam itu lahirnya saat nabi Muhammad SAW diangkat menjadi rasul. Tapi agama/kepercayaan yang menyembah Allah SWT telah ada sejak zaman nabi Adam A.S
      .. pada zaman nabi Daud A.S yang Tuhannya Allah SWT agamanya disebut agama pengikut Zabur
      Pada zaman Nabi Musa yang Tuhannya Allah SWT agamanya disebut agama pengikut Taurat
      Pada zaman nabi Isa yang Tuhannya Allah SWT agamanya disebut agama pengikut Injil ( disebut juga nasrani asal kata nazareth sebuah nama tempat dimana nabi Isa diturunkan)
      Pada zaman nabi Muhammad SAW yang Tuhannya Allah SWT agamanya disebut agama Islam (nama Islam, Allah sendirilah yang memberi nama..,"dan telah Aku ridhoimu Islam menjadi agama bagimu (Al Maidah ayat 3) CATATAN YANG PALING PENTING ADALAH DARI ZAMAN NABI ADAM AS SAMPAI NABI MUHAMMAD SAW TUHANNYA TETAP SAMA YAITU ALLAH SWT.. BUKANLAH ALLAH YANG LAIN-LAIN .

      Hapus
    15. Hy ilham bernyanyi itu ada sejak jaman Muza.. bahkan dalam bait suci (rumah Allah) ada satu suku israel yang semua keturunannya hanya sebagai pemazmur ( memuji Tuhan ) 😊
      Sotoyyyy luuu bilang jaman nusa nyium tanah 😂

      Hapus
  8. Yang bilang islam agama tertua,mungkin dia sekolahnya dipondok.
    Jadi taunya islam yg tertua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau Islam agama tertua atau bukan, yang pasti agama ini penganutnya terbanyak ke 2 di dunia. Ini adalah mukjizat Allah dengan banyaknya para muallaf dari seluruh dunia.

      Hapus

  9. history says that the Hindu religion in the world's oldest Islamic history .Would but in fact Islam was the oldest religion in the world but the Islamic religion in the time
    http://www.suksestoto.com/

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum Wr.. Wb..
    Salam Sejahtera..
    Om Swastiastu..

    Saya yakin orang-orang hebat semua yg coment disini..
    Apa tujuan dari hidup didunia ini??
    Jawabannya: Apa yg anda rasakan sebelum lahir didunia ini??
    Rasa itulah yg wajib dicari untuk mendapatkan tujuan itu..

    Guru sejati bukanlah sang ilmuan atau apapun yg anda sebutkan..
    Guru sejati adalah ALAM..
    Sang Pembesar Agama adalah sebagai pelaku sejarah yg bisa kita ambil intisarinya,,kembali lagi ke ALAM,,belajarlah menyatu dengan ALAM maka sang Guru Sejati akan mengajarkan kita tentang semua ajaran agama yg baik yg pernah diajarkan dalam sejarah2 agama sampai ke titik akhir untuk memcapai Tujuan seperti yg saya sampaikan di awal..

    Janganlah saling berdebat siapa yg benar siapa yg salah siapa yg awal hadir siapa yg belakang hadir..
    Kita semua sama meyakini Satu Tuhan yg sama..

    Tuhan mu Allah mu akan membenci kalian yg memperdebatkan masalah Agama..
    BerDamailah dalam lintas Agama, Berilah Kasih agar tercipta keSempurnaan kerukunan antar umat beragama..

    Salam Damai Kasih yg Sempurna..

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Yg jelas kita satu di indonesia

    BalasHapus
  13. Hadeuh... Pasti yg suka brisik biasa sibungsu. Maklum sibungsu itu manja dan ga mau kalah. Kalo siabangan ngalah karena waras.

    BalasHapus
  14. Wahai manusia sesungguhnya hindu bukan agama tertua di dunia.agama tertua di dunia adalah agama tauhid.agama ini sudah ada di zaman nabi ibrahim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fanatik boleh.. tolol jangan..
      Hi saudara ku yg seiman, hindu agama tertua adalah benar adanya.tolong perbanyak membaca journal ilmiah ya.. Buka matamu dan sadarlah saudara ku. *dosen mananyakan pada mu agama tertua didunia apa kau akan jawab muslim sebagai yg tertua ?? Hehehe, belajar lagi ya jangan fanatik terus nanti bodoh terus km. *salam damai ya aku juga seorang muslim*

      Hapus
  15. Kunjungi situs agen poker online terpercaya www.aslibandar.net

    Dapatkan Global jackpot ratusan juta rupiah

    CONTACT US :

    * Ym: Aslibandar_Cs
    * Phone: 855976375885
    * Fb: AsliBandar
    * Skype: AsliBandar
    * Whatsapp: 85569776588
    * BBM: 2B3C34F4

    BalasHapus
  16. jangan ributin agama..jalankan saja sesuai apa yg kita pahamin dr agama kita masing2..karena kelak setiap diri akan mempertanggung jawabkan jalan hidup nya masing2 di hadapan Tuhan..

    BalasHapus
  17. Ah yang komen sok tau semuanya. Pada dasarnya semua agama sama mengajarkan kebaikan. Agama itu pedoman hidup jadi gak usah sok yang ini lebih benar yang ini salah. Kalau gak ada agama hancur dunia ini.

    BalasHapus
  18. Dasar Muslim goblok otak onta, selalu tidak mau lihat kenyataan!! Kasian deh lo, pantes aja semua umat muslim goblok.!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa harus onta bos? di arab kayanya ga cuman ada hewan onta deh. terus tolong nih ya bos, omongannya di jaga. semisal saya kalo ngatain ibu anda anjing babi monyet gimana? terima?

      Hapus
    2. Woi islam tolol kok lu ngaku2 islam yang tertua sih ??? Emang ada pembuktian ilmiah nya ?? Adehhh.. korban doktrin.. mau aja di kibulin kitab koran eh quran maksud gua heheh

      Hapus
    3. Kalau Islam agama goblok, kenapa boleh jadi agama kedua terbesar penganut dunia?

      Hapus
    4. Mohon maaf teman2 .... Tolong kata2 nya di jaga... Saya bukan muslim, tapi ketika anda menyamakan 1 golongan agama dan menghinanya, hati2 golongan agama anda akan mudah pula di hina... Jadi lebih baik jangan bawa2 golongan kalau hanya 1-2 orang salah dsb...

      Dimana kalau orang itu baik... Berarti dy bisa menyerap agamanya dengan baik

      Sebaliknya kalau orang itu buruk jangan salahkan agamanya... Tapi orang nya... Dan bukan berarti langsung menyamaratakan semua orang agama tersebut....

      Hapus
  19. Jika muslim itu agama tertua kerna berasaskan Abraham hingga Musa, bagaimana dgn kristen? Agama Yahudi lah pengasas ajaran bermula dari abraham hingga musa dan sterusnya ke nabi2 lain. Tuhan berfirman kpda abraham sblm dia diutus Tuhan, firman Tuhan" Akulah Tuhan Allah yg maha tinggi" dgn dmikian mreka mngenal Allah yg memciptakan dunia. Musa lah yg menulis kitab kejadian. Jd sgalanya berasaskan dsejak dunia dicipta bermula abraham. Justeru, ajaran para nabi bermula dari daud, yesaya, yeremia dan sterusnya menubuatkan kedatangan kritus(penyelamat).namum nubuat kedatangan muhammad sama sekali tiada untuk mengatahui islam satu-satunya agama yg diterima Allah dan beraskan Ajaran Abraham hingga musa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaampun umat muslim pada ngaku agama tua hihihi, gak kuliah kamu ya bodoh sekali

      Hapus
    2. Nabi Muhammad mengajarkan Tauhid dan ini dari ajaran nabi nabi sebelumnya. Jadi ajaran Tauhid sudah lama sebelum Nabi Muhammad.

      Hapus
    3. Jika muslim agama tertua mana buktinya ? Bukankah yudaisme adalah yang tertua ? Hal ini nyata dalam kitab genesis . dan kitab ini ada dalam perjanjian kristen

      Hapus
    4. Tak perlu ambil kisah pasal agama mana tertua. Kamu kristian pun, ada minum arak? Makan babi? Adakan? Sedangkan kitab Bible kata jangan.

      Hapus
  20. Jika islam benar2 mengikuti ajaran Musa, mengapa muslim tdk merayakan hari sabat(minggu) sbgai hari Yg khas bagi Tuhan krna dia mnciptakan dunia 6hari lalu berehat pda hari yg ketujuh. Byk lg iaitu paska, pondok daun dn sbagainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa keuntungan nak sambut hari Sabtu?

      Hapus
    2. Heh pedagang tart,ya jelas untung lah kan mlm mingguan

      Hapus
  21. Jika muslim itu agama tertua kerna berasaskan Abraham hingga Musa, bagaimana dgn kristen? Agama Yahudi lah pengasas ajaran bermula dari abraham hingga musa dan sterusnya ke nabi2 lain. Tuhan berfirman kpda abraham sblm dia diutus Tuhan, firman Tuhan" Akulah Tuhan Allah yg maha tinggi" dgn dmikian mreka mngenal Allah yg memciptakan dunia. Musa lah yg menulis kitab kejadian. Jd sgalanya berasaskan dsejak dunia dicipta bermula abraham. Justeru, ajaran para nabi bermula dari daud, yesaya, yeremia dan sterusnya menubuatkan kedatangan kritus(penyelamat).namum nubuat kedatangan muhammad sama sekali tiada untuk mengatahui islam satu-satunya agama yg diterima Allah dan beraskan Ajaran Abraham hingga musa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diam kamu.. berhenti menyebar fitnah, islam bukan lah agama pertama.terima saja lah ga usa sok tau

      Hapus
    2. Lu kok nyolot sih ! ��

      Hapus
    3. Dalam kitab biblle bahwa yesus (isa.as) adlah anak dari seorang perempuan yg tidak pernah disentuh oleh laki" mana pun (perawan). Yg bernama maria(maryam) diutus kedunia dengan roh kudus untuk menebus dosa manusia?
      #jadi gak salah donk banyak² buat dosa.. Kan udah ada yesus yg nebus?????
      #mohon_pencerahan_nya

      Hapus
  22. stiap x sy baca internet blog apa aja pasti yg bikin rusuh kok dri muslim mulu yh apa emg suka rbut yh. ajarannya ja tentang pmbunuhan terus ga heran deh pntes plg rusuh

    BalasHapus
  23. Sesungguhnya muslim tidak bikin rusuh.

    BalasHapus
  24. Sesungguhnya muslim tidak bikin rusuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jangan suka bilang bikin rusuh
      Tapi sesungguhnya bikin kisruh...

      Hapus
  25. Sebenarnya kalian sendiri lah yang menistakan agama kalian sendiri,dengan fanatik berlebihan,saya sebagai umat manusia,kalian hanya paham sejarah agama kalian masing2 tapi anda tidak paham makna dari cerita ,ajaran atau apapun yang di tulis atau di sebutkan oleh agama kalian masing,yang ada manusia hanya fanatik dengan sejarah agama kalian masing dan hanya bisa bicara,tapi kalian semua umat beragama tidak paham dan tidak bisa melakukan dan mempraktekan ajaran kebaikan
    (agama) kalian semua hanya teori teori dan teori,salam hindu,islam,kristen dan seluruh agama yang ada di muka bumi dan seluruh alam ini baik di planet lain,salam damai,salam toleransi antar manusia dan hancurkan radikalisme ,fanatisme,egoisme,dan otak sempitme,Tuhan yang maha esa sangat sedih dengan semua perilaku ini maka siap2lah kalian semua di lebur termasuk saya dan saya sangat siap untuk di lebur karena saya sudah muak dengan sifat2 sok tau,fanatik berlebihan dan saling menyalahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya Islam berbuat baik tetapi tidak Banyak yg mencuri, membunuh, berjudi dll. Padahal dikitabnya Banyak mengajarkan Hal Hal yg baik tapi apakah Islam bisa disebut sbg agama yg baik buktinya Banyak agama islam dipenjara karena berbuat korupsi dll. Tetapi agama yg lain tidak seperti itu apakah itu bisa disebut sbg agama islam? Dan mengapa Islam tdk Adil buktinya keluarga saya menista Kristen dipenjara 1 tahun, jika agama yg lain menista Islam dipenjara lebih Dari 1 tahun apakah Islam Dan Muhammad abraham Adil????????????

      Hapus
    2. Katanya Islam berbuat baik tetapi tidak Banyak yg mencuri, membunuh, berjudi dll. Padahal dikitabnya Banyak mengajarkan Hal Hal yg baik tapi apakah Islam bisa disebut sbg agama yg baik buktinya Banyak agama islam dipenjara karena berbuat korupsi dll. Tetapi agama yg lain tidak seperti itu apakah itu bisa disebut sbg agama islam? Dan mengapa Islam tdk Adil buktinya keluarga saya menista Kristen dipenjara 1 tahun, jika agama yg lain menista Islam dipenjara lebih Dari 1 tahun apakah Islam Dan Muhammad abraham Adil????????????

      Hapus
    3. Mana-mana agama di dunia, semuanya mengajarkan kesempurnaan. Tetapi, tidak semua yang penganutnya ikut. Macam kita semua, surat khabar lengkap dengan pelbagai maklumat tetapi kita ingat tak setiap perkataan dalam surat khabar tu?

      Hapus
    4. @rfml gaming Agama sempurna tetapi penganutnya tak sempurna. Sebab manusia lemah. Baca komen atas

      Hapus
  26. Klo islam agama tertua.. kok pemeluknya 1.2 millyar... kalah sama agama kristen yg jumlahnya 2,2 milyar... maaf ini angka statistik dunia loh.. ntar saya dituduh menistakan jumlah agama islam lagi..

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Dear penulis, banyak koreksian dalam tulisanmu..
    1. Zooroaster itu paling tua, coba cek di wikipedia wlaau tdk boleh digunakan sebagai referensi sih, mungkin bisa dicek di publikasi-publikasi internasional lain
    2. Tahun-tahun agama lain juga banyak salah
    3. Refrensi penulisan ini bagaimana ya?
    Terimakasih

    Buat kalian-kalian yang debat di sini, tidakkah kaloan berpikir kalian semua berada di atas pemikiran-pemikiran terdahulu, termasuk agama? Which is , bisa ditarik kesimpulan agama itu mungkin ciptaan manusia dengan mengambil kekurangan sebelumnya untuk hidup yg lebih baik.

    Kalian perlu membaca :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. agama itu yang mana maksudnya ? Kekurangan apa yang anda maksud ?

      Hapus
  29. Nggak penting siapa yg paling tua, tapi yg penting beriman pada Tuhanmu, dam mudah2an kita bisa bertemu di Sorga kelak.
    Gbu

    BalasHapus
  30. well, yang komentar di atas semua kelihatannya ber-AGAMA.. gue gak ngelihat komen dari Agnostisisme/Atheis....
    padahal lumayan banyak followers 1,1 milyar hampir sama dengan "Agama Bungsu" :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  31. Dari sejarah juga terlihat kebenaran yang sesungguhnya,semakin maju zaman maka kebenaran semakin di manipulasi����

    BalasHapus
  32. KamuRNg pinter smua pokok nya amazing

    BalasHapus
  33. Kembali pada Tujannya pada sama aja sih, pada mau ke sorga, gitu aja repot.

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum wr wb,
    Ikutan koment yah.
    Islam, kristen, budha, hindu, dll semua mempunyai tujuan yang sama.
    Setiap agama mempunyai aturan dan cara pandangnya sendiri.
    Saling menghargai dan saling menghormati lebih mulia.
    Gunanya ada agama adalah manusia lebih terarah ke jalan yang benar menurut kepercayaannya masing-masing.
    Jadi, tolong saling menghargai yah komentarnya.
    Terima kasih.

    Instagram : @Putra_Nevtriady
    Promote sekalian hehehehe...

    BalasHapus
  35. Pemikiran saya sebagai Agnostik, Jika kamu merasa yakin dengan agama A maka agama B itu salah karena Agama A lah yang paling sempurna. Ataupun sebaliknya bagi B, A lah yang salah. Jika ada 1000 agama di dunia ini. Dan kamu memilih salahsatu sebagai yang paling benar lalu mengejar surganya. Apakah kamu sudah siap masuk kedalam 999 neraka agama lainnya? Karena 999 agama yang kamu anggap salah juga merasa benar.

    BalasHapus
  36. Kenapa ya sllu2 saja debat masalah agama. Tuhan kita ini satu.. klau kalian menjelek-jelekan apa menghina agama laen. Kalian sama saja menghina agama bahkan Tuhan kalian sendiri teman2. Ayoklah berdamai.. Salam Kasih buat teman2 semuanya. GBU...

    BalasHapus
  37. http://isha.sadhguru.org/mystic/ coba temen2 baca itu deh, siapa tau ada yg cocok. dr pd debat mulu ��

    BalasHapus
  38. Barangsiapa yang membuat kejahatan walau sebesar zarah akan di perlihatkan (dalam surat amal), barangsiapa membuat kebaikan walau seberat zarah akan diperlihatkan dalam surat amalannya....semoga kita sempat bertaubat sebelum datang nya kiamat....kerana pintu taubat telah tertutup pada masa itu....apakah nasib kita kelak semua di akhirat kelak setelah kita di bangkit kan untuk di hisab nanti....

    BalasHapus
  39. sok pintar n sok suci semua.. bikin bete

    BalasHapus
  40. Mau tau agama tertua? Agama tertua sudah meninggal, sudah ketuaan. Yang ke2, ke3, ke4, dst tertua juga sudah gak ada. Sudah di gadaikan penganut2 nya untuk kepentingan masing2. Sekarang sisanya yg masih ada tinggal si bungsu (anak haram pula)atheis dan agnostik, beserta agama2 KW 4 hasil rekayasa genetik. Heeee

    BalasHapus
  41. Kalo agama hindu bloon karna dia menyembah patung orang bego.Udah tuhan nya banyak banget itu agama yang berhala ajaran ajaran sesat agama tai itu gua injek injek hindu buddha

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah gua baca coment disini kayak nya yg paling idiot disini katak nya si Anonim, cuma hanya bisa menghina agama orang. dia ber argumen tampa ada bukti yg pasti

      Hapus
    2. lu nginjek hindu buddha lu yg di ijek balik sama umat mereka. mampus lu. di injek sama Tuhan lu sendiri msuk neraka lu.. peak goblok

      Hapus
    3. Anonim ya, dasar. Berani berbicara tapi nggak mau menunjukan identitas.
      Terserah mau bilang apa, tapi saya bangga beragama Hindu.

      Hapus
    4. Anonim ya, dasar. Berani berbicara tapi nggak mau menunjukan identitas.
      Terserah mau bilang apa, tapi saya bangga beragama Hindu.

      Hapus
  42. Dari bahasa yg disampaikan kelihatan kok yg nulis org kristen :D
    Islam sejatinya agama tertua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koplak...dasarnya darimana omongan lu...lu jalanin tahun bikinan mana sukarang..nah kalo dah lu tau baru lu liat mana yg lebih muda..ngebut 10 hari biar nyusul

      Hapus
    2. di bilang kriste jelas2 di artikel yg paling tua itu agama weda. toh jelas. yahudi - kristen dipecah jadi kristen/khatolik msh bnyak kekurangan di sempurnakan oleh - islam. dan knyataanny islam juga gk bnerkn krna umatny sndiri. sama kyk yahudi dan kristen mereka punya bnyak kekurangan krna umatny bkn agamnya. dan yg jelas yg tertua itu weda...

      Hapus
    3. Dari bahasanya yang nuklis itu yang paling tua , bukan islam . islam agama bungsu .

      Hapus
  43. Maaf sebelumnya, yang namanya manusia itu tidak jauh dari bebagai tindak kejahatan, itu semua terjadi di semua agama, kalo emang agama kristen itu merasa agama yang bener tetapi mengapa seperti yang terjadi di sulawesi beberapa tahun silam kaum agama kristen membantai kaum muslim? Jadi mohon untuk saling menghargai agama:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bos...jangan cuma ambil 1 lokasi dong..jgn mencari satu pembenaran...semua agama ngajarin yg baik kali..cuma manusianya yg jalaninnya ga sesuai..sama aja kan semua..masa agamanya yg di sertakan...kan yg bikin salah manusianya...lah kalo isis tuh apa dong..kepanjangannya aja dulu deh...ga usah repot kN

      Hapus
    2. maaf ya. jd mnurutmu islam itu baik. klo emg baik kenapa umat muslim bom greja di samarinda sampe intan mninggal. semuanya punya keburukan dan semua punya kekurangan. jd tlng jgn bgusin yg kita percayai.

      Hapus
    3. Islam itu baik. Cuma tak semua penganutnya baik. Tu mereka berada di garisan pemisah orang yang beriman dan fasik. So, jika kamu seorang kristian, bible minta kamu jauhi arak, babi dan zina, apakah kamu turutinya?

      Hapus
    4. Heh tukang kue tart drtd ngmg arak babi terus.. loe doyan ya?

      Hapus
  44. Yg coment para provokasi penghancur bangsa dengan mengatasnamakan agama
    KIAMAT BARU TAU RASA LU TONG!!!

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Agama lu pikirin...pikirin aja hidup lu semua..dah ngikutin ajaran agama yg lu yakinin ga...jalanin dong ajaran agama lu sendiri...musingin agama aja..lu pada goblok apa tolol semuanya...kalo semua mikir yg paling bener..kenapa lu ga pada jadi pendeta.ga jadi pastor.ga jadi kyai. Ga jadi biksu..mau apa juga agama lu semua...mau yg tua..mau yg muda..mau yg goblok..mau yang pinter..mau yg baik..mau yg jahat..mau yg nanti masuk surga katanya..mau yg masuk neraka kayanya..matahari lu semua 1...bulan lu 1...bumi lu 1...eh para goblokers...lu pada ngerti ga apa arti....kalo ga ngerti...asli berat...lu bener2 goblok....agama lu ya agama lu..agama gua ya agama gua...tinggal jalanin..surga mah bukan urusan orang..bukan urusan manusia..tuh mah punya Tuhan..hak Dia mau dia nyemplungin lu ke neraka..ya urusan dia..hebat bangat lu merasa terbenar semua...eh manusia manusia tolol dan goblok...Tuhan emangnya mau lu lu pada Intervensi..lu ngerasa bikin baik..belum tentu masuk surga keles..mikir...mikir....lu pada ributin yg ga saksi hidupnya...kalo semua cma abstrak..ya jalanin aja masing2...jadi ga usah pada ngerasa bener sendiri lah..lu debat juga ga ada gunanya kan..emang bisa bikin dapur ngebul debat lu lu pada....lu pada masukin logika lu masing2..Tuhan tuh maha pencipta kan...lu pada yakin Dia yg ciptain semuanya...pikir mateng2...artinya apa dong...kan dia yg ciptain semua...MAHA PENCIPTA...dan sekarang lu ngedebatin ciptaan tuhan keles...ya lu pada debat aja Tuhan..kenapa jg kita pada berantem....susah kan lu debat ma Tuhan..ya iya lah..karena lu lu semua termaksud gua ya cuma ciptaan Tuhan kan..mau di rubah lu ma Tuhan ngedebat Dia..jadi sampah surga neraka...pikirin lah...logika lu pada pake...kalo lu lu pada jahit baju...terus jahitannya salah..yg lu salahin siapanya...badan lu yg ga ngikutin jahitannya..atw lu nyalahin tukang jahitnya yg bikin bajunya....ngertikan koplak...mikir lu lu semua...kalo dah punya nyali...baru lu tanya sama pencipta kita langsung...bukan sama manusia...nanya ko kesesama ciptaan...ya kaga bakal nyambung goblok....

    BalasHapus
  47. Komentar boleh tapi goblok jgn,baca sejarah,agama termudah di bilang tertua wkwkwkw ngakak dj

    BalasHapus
  48. Hahaha logis aja hewan di jadiin tuhan, apa mngkin hewan itu yg mnciptakan tuhan??, padahal islam trdahulu sudah ada sbelum kbradaan manusia di muka bumi,, soo,, yg ngak stuju dngan komen gw brarti..... yg stuju yaudah pastilah,, yg baca komen ini non muslim segera plajari sejarah hadist tafsir alquran dri islam,sperti kmi plajari kitab " anda, baru debat ma gw,, oke,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampah labil, budha hindu, kristen taurat dluan ada sebelum si memed lahir

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. simple aja jawab nya... islam lahir itu skitar 600 M klo gk (M) itu apa artinya Masehi MMAAASSSEEEHHHIII na hindu itu 6000-7000 SM klo gak tau (SM) itu apa artinya Sebelum Masehi. jdi jelaa kn dimana mana klo "sebelum" jelas duluan. gak mungkin kn misalkan lu sma adek lu, lu lahir sebelum adek lu tp di kartu kluarga adek lu yg lahir dluan kn gak mungkin, mungkin klo kayak gitu adek lu udah lu musuhin kali. mkanya mikir pake otak jgn bisanya mecah belah indo setan rasis.

      Hapus
    4. Agama yg benar hanyalah Islam.Makanya manusia yg pertama beragama Islam.So Islam lah agama yg tertua di dunia.Lambat laun manusia manusia yg ingkar dan kafir telah mengubah ngubah agama Islam jadi yahudi jadi hindu buddha dan kristian.Maka diutuslah nabi Muhammad utk memulihkan agama Islam sampai hari ini.Kalian yg menganut agama agama lain jika masuk Islam ibarat sirih pulang ke ganggang.Ibarat hamba yg tersesat kembali ke Tuannya.

      Hapus
    5. Wah ilham bener tuh.. apalagi klo jenggot nya di cukur bs makin bener soal nya otak nya jd adem.. gak kepanasan kena jenggot

      Hapus
    6. Hahaha... ilham kapan coba adam ngajarin agama islam... kalau islam pertama kenapa musa bawanya Taurat yah 😁 dan kenapa kalau islam pertama kitabnya keluar belakangan 😂

      Hapus
  49. Hadeuh ini kan cuma blog,,(pendapat org) knpa musti ngotot klo gk trima gk ush d baca ini kan keyakinan!! Gitu aja kok repot

    BalasHapus
  50. yang kayak gini ni yg niatny ngancurin indo. bahas agama padahal tau enggak agama itu apa. ada yang bilang kalo masum islam dosanya bakal di ampuni dan bisa masuk surga, ada yg bilang lagi msuk kristen dosanya d ampuni krna yesus di salib buat ngapus dosa umat manusia dan masuk sorga. gk ada yg kyk gitu sekali dosa ya tetap dosa gak bakal di hapus kecuali kalian nutupi dgn kebaikan. pngen msuk sorga tp bikin dosa ya percuma... stop lah berfikiran primitif... kalian mau liat indonesia perang, bunuhhan antar rakyatnya. gk mau kn..??? makanya jgn sok bawa2 agama...

    bodo di bodoin ya semakin bodo seumur hidupnya juga cuma di bodoin... salam aja buat orang bodo abadi

    BalasHapus
  51. Kan kok selalu islam ini lo membuat onar padahal kesepuluh agama ini yg lainnya g ada yg berkomentar kok islam yg tajam sih emang ada apa?selaluuuu saja di mana mana

    BalasHapus
  52. Apapun agamanya minumnya teh botol sosro

    BalasHapus
  53. Fakta2 ni semua dari pada manusia itu sendiri.dan bila nama manusia sudah tentu pengetahuan kita juga terbatas.agama islam adalah agama yg tertua yakni sejak manusia pertama lagi iaitu nabi adam alaihisallam.silakan puaskan hati kalian dengan perdebatan yang sia2 ini.apa yg kamu dapat hanyalah dosa.brengsek.islam agama tertua!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan. Sesama orang tolol dan goblok, saya mendukung anda. Hidup kebodohan!

      Hapus
  54. Kapanpun dan dimanapun agama itu lahir, yang pasti Islam menjadi agama yang paling pesat perkembangannya 1,6 miliar di tahun 2010. Jika suatu agama itu berkembang pesat, tentunya agama itu adalah agama terbaik, agama pilihan. Bahkan jumlah pengikut Islam hampir menandingi pengikut Kristen. Ini mukjizat Allah dengan banyaknya Muallaf dari seluruh dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama paling pesat perkembangannya menurut survey berbagai sumber dunia, adalah Agama Kristen, lihat di Korea, Jepang, China, India, bahkan di Indonesia pun perkembangan agama Kristen termasuk pesat walau di blok sana sini... dan Asia yg utama,
      Sedangkan agama Islam berkembang karena perkembangbiakan (beranak pinak) yg sangat cepat, kadanh dalam 1 keluarga punya anak sampai 10 bahkan 13 orang, bukan karena penyebaran ... mualaf ada tapi persentasenya kecil sekali..

      Hapus
    2. Ni ilham goblok nya terlalu ya

      Hapus
  55. waduh agama import lg pd ribut mending ikutin leluhur aja lah.. toh leluhur ajaran budi pekerti n santun.
    salam rahayu nusantara ku

    BalasHapus
  56. antikris sudah di mulai !

    percaya dan bertobat !
    "AKU adalah ALPHA dan OMEGA"
    "AKU yang PERTAMA dan yang TERAKHIR"
    kita percaya, dan saya percaya kita semua akan di angkat ke surga !
    Yesus Bless You .

    BalasHapus
  57. semua agama itu baik, tapi hanya satu yang benar. ISLAM. pelajarilah sejarah, akidah, ISLAM baru kalian komentar.

    masuklah agama yang benar. masuklah... sbelum anda menyesal ketika setelah meninggal.

    STOP MENGHINA AGAMA LAIN, sudah sampe mana hafalan surah2 mu, sudah berbuat baik apa hari ini, yakin sudah banyak pahala?

    mending kita asyikin diri dekat dengan Allah dan membantu saudara kita di rohingya, palestina dan suriah.

    ISLAM ADALAH AGAMA YANG BENAR.

    percayalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat apa berpahala, bilah tidak berkenan dihadapan-Nya ? , buat apa bila menghafalkan surah tapi tidak melakukannya ? Tidak ada penyesalan ketika meninggal, mati adalah keutungan filipi 1Karena bagiku hidup adalah Kristus i  dan mati adalah keuntungan.

      Hapus
    2. Setuju sm loe bay.. islam paling benar ( benar menurut loe) ky loe bnr manusia aja. Fanatik edan

      Hapus
  58. Yang punya blog seneng nih... blognya jd rame... menurut ane agama itu hububgan kita dengan tuhan, itu adalah urusan masing2, tdak bisa diperdebatkan, kyk perdebatan ayam sama telur duluan mana...
    Yang di tulis di blog ini adalah agama terbesar yang masih eksis, mungkin sebelum agama hindu lahir ada kelompok2 kpercayaan kecil jg...

    BalasHapus
  59. Semua agama pasti membenarkan ajarannya masing masing , namun adakah agama yang memberikan jaminan bahawa anda pasti masuk surga ? Masuk surga bukan karena kebaikan kita namun karena anugrah Allah. Walaupun sebaik apapun kamu bila kamu tidak mendapat keselamatan bagaimana kamu yakin agamamu dapat membawa keselamatanmu , apalagi jika pemimpinnya masih perlu didoakan keselamatannya. Hanya ada satu jalan yaitu Tuhan Yesus Kristus, bahkan kedatangannya telah diramalkan oleh para nabi , Dialah satu satunya jalan tiada yang lain.

    BalasHapus
  60. Perbedaan memang cepat membuat semua saudara sekalian membingungkan ...
    Tapi setiap kali kita menemui banyak perbedaan ....
    Ingatlah di hal yang paling mendasar
    Bahwa kita satu nama
    Yaitu MANUSIA

    BalasHapus
  61. Manusia terbuat dari tanah, jadi berkarakterlah rendah hati karena tanah tempatnya dibawah kaki.. Iblis terbuat dari api, jadi mempunyai sifat sombong, angkuh, berkobar2 yg inginya diatas dan benar sendiri.. gak ada habisnya kl kalian mentingin ego pribadi.. lihat hasil akhir kelak akan tau jawaban kebenaranya dari yg kalian debatkan !!

    BalasHapus
  62. Mending sedekah dan banyak banyak amal daripada ributin masalah agama. GBU

    BalasHapus
  63. Semua agama itu tidak salah ajarannya, semua agama itu mengajarkan kebaikan...tapi yang salah ialah manusianya sendiri,banyak manusia yang beragama pun bisa berdosa kalau imannya lemah. Jika iman lemah maka setan pun membisikkan kejahatan...so, stop menghina agama...mending pikirkan bekal apa yang dibawa mati kelak. Jika berdebat kaya gini,yg lemah iman bisa lebih parah komennya..menghina,menghasut,dll

    BalasHapus
  64. Semua agama itu tidak salah ajarannya, semua agama itu mengajarkan kebaikan...tapi yang salah ialah manusianya sendiri,banyak manusia yang beragama pun bisa berdosa kalau imannya lemah. Jika iman lemah maka setan pun membisikkan kejahatan...so, stop menghina agama...mending pikirkan bekal apa yang dibawa mati kelak. Jika berdebat kaya gini,yg lemah iman bisa lebih parah komennya..menghina,menghasut,dll

    BalasHapus
  65. assalamuallaikumwr wb.
    allahuakbar.
    nggak usah membenarkan agamanya masing masing. lakukanlah apa yang di ajarkan agamanya masing masing
    semoga kita semua masuk surga amin.
    masalah agama mana yang lebih tua itu nggak penting.

    BalasHapus
  66. Agama itu buatan manusia, bukti nyata nya bisa baca komentar2, paling benar, paling besar, paling tua, paling merasa benar...
    makna Berserah Diri adalah tanpa merasa paling2 diatas, terima dengan ikhlas, tanpa tuntutan ato bersyukur, mengasihi semua ciptaan NYA tanpa ada perbedaan.
    lebih baik ber TUHAN tanpa ber Agama, dari pada ber Agama tanpa ber TUHAN.

    jangan tentukan pilihan Agama dari orang tua, lingkungan, dan kebiasaan.
    Gunakan Akal Sehat, bacalah sejarah nya dan bandingkan dengan yang lain.

    BalasHapus
  67. Agama itu buatan manusia, bukti nyata nya bisa baca komentar2, paling benar, paling besar, paling tua, paling merasa benar...
    makna Berserah Diri adalah tanpa merasa paling2 diatas, terima dengan ikhlas, tanpa tuntutan ato bersyukur, mengasihi semua ciptaan NYA tanpa ada perbedaan.
    lebih baik ber TUHAN tanpa ber Agama, dari pada ber Agama tanpa ber TUHAN.

    jangan tentukan pilihan Agama dari orang tua, lingkungan, dan kebiasaan.
    Gunakan Akal Sehat, bacalah sejarah nya dan bandingkan dengan yang lain.

    BalasHapus
  68. AGAMA HANYA 1 YAITU ISLAM
    TIDAK ADA AGAMA SELAIN ISLAM
    TUHAN AGAMA ISLAM ALLAH SWT ADALAH TUHAN YANG PALING SEMPURNA

    ALLAH SWT TIDAK MATI DAN SELALU ABADI SAMPAI KAPAN PUN
    TUGAN AGAMA KRISTEN YESUS=SUDAH MATI TUHAN KOK MATI(JELAS BUKAN TUHAN)
    TUHAN AGAMA HINDU=BENTUK FISIKNYA SAMA SEPERTI MANUSIA ANEH KAN...SHRI KRISHNA SUDAH MATI=TITISAN DEWA KOK MATI(JELAS SALAH)
    BUDDHA=DICIPTAKAN SHIDARTHA GAUTAMA YANG SUDAH MATI(IA DISEMBAH,,YANG DISEMBAH KOK MATI)

    BalasHapus
  69. AGAMA HANYA 1 YAITU ISLAM
    TIDAK ADA AGAMA SELAIN ISLAM
    TUHAN AGAMA ISLAM ALLAH SWT ADALAH TUHAN YANG PALING SEMPURNA

    ALLAH SWT TIDAK MATI DAN SELALU ABADI SAMPAI KAPAN PUN
    TUGAN AGAMA KRISTEN YESUS=SUDAH MATI TUHAN KOK MATI(JELAS BUKAN TUHAN)
    TUHAN AGAMA HINDU=BENTUK FISIKNYA SAMA SEPERTI MANUSIA ANEH KAN...SHRI KRISHNA SUDAH MATI=TITISAN DEWA KOK MATI(JELAS SALAH)
    BUDDHA=DICIPTAKAN SHIDARTHA GAUTAMA YANG SUDAH MATI(IA DISEMBAH,,YANG DISEMBAH KOK MATI)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar agama hanya satu.. cm buat loe doank,makan tu neraka sendiri gak ada yg nolong loe.. cm loe jg satu satunya yg bkn manusia ikut coment

      Hapus
  70. Agama tertua atau termuda bukanlah arti dari tulisan ini. Arti tulisan ini adalah pelajaran utk bisa menerima sebuah pendapat yang berbeda. Kalian kok ya pada sensi.

    BalasHapus
  71. islam memang agama termuda..tapi islam di ciptakan allah untuk memperbaiki kesalahan" kitab" yahudi zabur injil yg sudah di rubah oleh yahudi sang pembangkang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan Islam, Allah menurunkan Quran utk mengembalikan dan menyempurnakan ajaran2 sebelumnya.
      Ketika Islam sendiri terpecah2 menjadi Sunni, Shiah dan berbagai aliran yg sejatinya memiliki perbedaan2, boleh dong Allah kembali menurunkan kitab baru utk menyempurnakan Islam.
      Kalau nggak boleh, lha kan Allah maha kuasa. Faktanya antar Islam sendiri ribut dan nggak maju2. Faktanya negara2 arab akan bernasib seperti komunis ketika minyaknya habis atau ada temuan teknologi baru yg menghasilkan bahan bakar non fosil.
      Gimana coba kalau Allah menciptakan ajaran baru utk memperbaiki ajaran sebelunnya termasuk Islam? Ingat Allah maha kuasa, apapun kalau Dia ciptakan akan terjadi. Jangan marah wahai saudara muslimku. Fanatik boleh, Bodo jangan. Ketika kamu percaya Allah menggunakan kuasaNya utk memperbaiki manusia, ya harus meyakini agama baru tsb. Kalau nggak, apa bedanya dirimu dg orang2 kristen yg menurutmu "tidak tercerahkan"? Fakta bhw setelah 1400 th disebarkan masih saja nomer 2 saja sdh membuat pertanyaan: apa iya Allah tidak mampu menomorsatukan Islam mengalahkan kristen/katolik?
      Ya sudahlah.. paling dijawab dg jawaban2 tdk logis yg berdasarkan keimanan semu yg jauh dalam lubuk hatinya juga masih mempertanyakan.
      Tunggulah sampai punah seperti komunis. Ntar juga converting sendiri ke sesuatu g lain atau baru.
      Keyakinan saya agamamu bukan dari langit

      Hapus
  72. AGAMA ITU UNTUK HIDUP, BUKAN HIDUP ITU UNTUK AGAMA


    krn di indonesia banyak sodara/i kita yg membela agama nya masing2 dengan cara cara kekerasan,Ucapan yg tidak baik,saling menghujat,menyebut nama Tuhan dan brkelakuan kasar, dll.
    sampai lupa apa yg di ajarkan Tuhan kepada kita
    percuma kita sujud, berdoa dan memohon ampun kepadaNYA klau kelakuan kita msih saja berbuat kasar dan mengucapkan kata2 yg tidak baik. sama saja kita menghianati Tuhan. Mau Agama Tertua atau termuda itu tidak penting,yang terpenting selalu Berbuat Baik,Berucap baik,saling memaafkan,saling mengampuni, krn Tuhan selalu Berbuat demikian knp kita tidak.

    maaf sya bukan menggurui, bukan Umat beragama yg baik,bukan manusia sempurna,cuma mengingatkan sodara/i ku yg ada di indonesia. jadi kalau ada kata dan ucapan saya yg salah mohon maaf sebesar2nya dan mohon di ingatkan.MERDEKA !!

    BalasHapus
  73. Saya umat islam meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Maha Besar, Allah Maha Pengasih, Allah Maha Penyayang dan Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah dan Al-Quran sebagai Kitab Suci. Sehebat apapun kita berdebat semua akan kembali kepada apa yang kita yakini dan semua yang hidup pasti akan mati.

    BalasHapus
  74. Adminnya kurang faham sejarah .. agama kristen, yahudi & islam dulunya satu agama, yaitu samawi. Mereka menyembah Tuhan yg sama, yaitu Tuhannya Nabi Adam. Dlm perjalanannya, perintah2 Tuhan nya Nabi Adam yg diturunkan kemudian lewat Taurat, Injil banyak dimodifikasi manusia (fakta), supaya sinkron dgn :
    1. Budaya & Kepercayaan yg sudah ada.
    3. Selera penguasa
    4. Gejolak Euforia masy
    5. Ego/keinginan manusia
    Maka diturunkanlah lagi oleh Tuhan wahyu2 yg mudah dihafal spy tak bisa lagi dimodif manusia..yaitu Al Quran.
    Dgn kata lain.
    Ajaran Islam adalah ajaran yg diturunkan oleh Tuhannya Nabi Adam utk membenarkan penyimpangan2/plintiran2 yg dilakukan manusia atas wahyu2 Tuhan sebelumnya.
    Jika anda baca sejarah, Kaisar Konstantin banyak menutup2i kebenaran ajaran Yesus, Injil2 yg tak sesuai dgn budaya pagan, dibakar,tidak diakui. Bahkan Injil kanonik pun tidak bisa diuji keasliannya, tidak jelas siapa penulisnya, naskah aslinya yg berbahasa ibrani juga dibakar.
    Lalu agamanya Yahudi? Bagaimana mungkin bangsa pembunuh Nabi2 (seperti diriwayatkan dlm alkitab) dianggap sbg bangsa pilihan? Bahkan Kitabnya Yahudi pun banyak mencela yesus, menganggap non yahudi adalah binatang. Kitabnya mereka pun terus ditulis dikarang2 sampai abad 17.
    Ahli sejarah barat manapun jika ditanya pasti setuju bahwa baik Kristen atau Yahudi adalah ajaran yg paling banyak campur tangan manusia didalamnya

    BalasHapus
  75. Berdasarkan Islam, Allah menurunkan Quran utk mengembalikan dan menyempurnakan ajaran2 sebelumnya.
    Ketika Islam sendiri terpecah2 menjadi Sunni, Shiah dan berbagai aliran yg sejatinya memiliki perbedaan2, boleh dong Allah kembali menurunkan kitab baru utk menyempurnakan Islam.
    Kalau nggak boleh, lha kan Allah maha kuasa. Faktanya antar Islam sendiri ribut dan nggak maju2. Faktanya negara2 arab akan bernasib seperti komunis ketika minyaknya habis atau ada temuan teknologi baru yg menghasilkan bahan bakar non fosil.
    Gimana coba kalau Allah menciptakan ajaran baru utk memperbaiki ajaran sebelunnya termasuk Islam? Ingat Allah maha kuasa, apapun kalau Dia ciptakan akan terjadi. Jangan marah wahai saudara muslimku. Fanatik boleh, Bodo jangan. Ketika kamu percaya Allah menggunakan kuasaNya utk memperbaiki manusia, ya harus meyakini agama baru tsb. Kalau nggak, apa bedanya dirimu dg orang2 kristen yg menurutmu "tidak tercerahkan"? Fakta bhw setelah 1400 th disebarkan masih saja nomer 2 saja sdh membuat pertanyaan: apa iya Allah tidak mampu menomorsatukan Islam mengalahkan kristen/katolik?
    Ya sudahlah.. paling dijawab dg jawaban2 tdk logis yg berdasarkan keimanan semu yg jauh dalam lubuk hatinya juga masih mempertanyakan.
    Tunggulah sampai punah seperti komunis. Ntar juga converting sendiri ke sesuatu g lain atau baru.
    Keyakinan saya agamamu bukan dari langit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ini siapa yg jawab. Mantapp. I Like it

      Hapus
  76. Islam adalah agama Rahmatan Lil Alamin
    Dan tak perlu memperdebatkan agama lain, toh semua agama mengajarkan pada kebaikan, kasih sayang dan perdamaian. Kenapa Allah menciptakan agama lain, itu tak lain hanya utk pembelajaran bagi umatnya, untuk penyeimbang kehidupan, sebagaimana gitar diciptakan oleh manusia tak ada 6 senar yg sama, dan jika dipetik dengan teratur maka akan menghasilkan nada yg indah. So, munculkanlah keteraturan dlam berkehidupan, munculkan perdamaian, stop ujaran kebencian, insyaAllah akan terwujud harmoni kehidupan yg indah di Bumi Indonesia.

    BalasHapus
  77. Kita di ciptakan di dunia masih baru dan yg membuat riset juga masih baru ,cuma bisa berangan - angan atas kebenarnya dan yg di pikirnya . tidak bisa tahu yg sebenarnya . kalau cuma modal riset dan omongan itu bisa di buat2 ,karena manusia bisa berbohong. kalau pengen tau agama pertama sebenarnya ,gunakan mesin waktu dab kembali ke masa ADAM dan HAWA terus tanyain agama dia apa ,kalau gak begitu kalian mati saja terus kalain bisa cari ADAM dan HAWA disana ,kalau gak ketemu . pasti kalaian akan bertemu TUHAN terus tanya Kepada tuhan agama pertama itu apa . gampang kan

    BalasHapus
  78. Untuk mu agama mu untuk ku agama ku

    BalasHapus
  79. orang yang terlahir kembali adalah orang yg belum bisa menebus dosanya,maka dari itu ,ketika orang itu terlahir maka dia harus siap menebus dosa yg dulu pernah dia perbuat di masa lampau,maka dari itu semakin banyak manusia artinya sangat besar dosa yg dia perbuat,semakin sedikit manusia semakin dikit pula dosanya,orang yang baik tidak akan prnah trlahir kembali/reinkarnasi,maka dari itu siapapun dan dimanapun penganut agama terbesar dan terbanyak saat ini berarti penganut /manusia tersebut kebanyakan dosa,

    BalasHapus
  80. Hehehehheh yg Salah bukan agamanya yg Salah itu orangnya kaya elo elo pada ribut gajelas wkkk. . Andai ada agama yg berubah itu juga karna ulah manusia kyk elo2 pada wkkkk piss bro 😎 eta terangkanlah hhh sadar woe debate ga manfaat benahin dolo lah diri kita masing2 . Masih banyak kaca nganggur 😂😂😂

    BalasHapus
  81. Saya yakin dengan sangat semua orang yang komentar disini adalah manusia-manusia yang takwa pada Tuhan..Jadi entah apapun agama kalian,,jangan sampai kebencian dan ketidaksopananmu mendatangkan murka Tuhan kita yang satu..Mari saling menghormati antar makhluk Tuhan dan saling mendukung untuk beribadah kepada Tuhan...Jaga etika bahasamu selayaknya orang yang beragama..
    Terima kasih...

    BalasHapus
  82. Terima kasih... Informasinya sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  83. apapun agamamu, mau tertua atau termuda cukup ambil baiknya saja. toh semua ajaran agama berfokus pada satu tujuan yaitu mencapai kedamain abadi. tidak ada hubungannya dengan agama mana yang awal dan akhir.semuanya sama hanya berbeda selera. selera boleh beda, tapi hati tetap satu, saling rukun antar umat berbeda. salam rahayu.

    BalasHapus
  84. ibarat balap motor semua berusaha mengunggulkan merek, yg saya rasa kurang positif, akan lebih positif bila saling memperbaiki kualitas motor tanpa harus mengganggu merek motor lain, dan berlomba untuk jadi yang terbaik tanpa merusak yg lain sampai finish (saling rendah hati)

    BalasHapus

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...